03 September 2013

Photograhy Responsive Blogger Template : MXFLUITY

Photograhy Responsive Blogger Template : MXFLUITY
MXFLUITY Blogger Template
MXfluity is a personal and photograhy responsive blogger template layout. It has 2 columns with right sidebar or left sidebar and accordion slider. Default template color is black, white and red and easy to change. This template have one top navigation menu. Search box is using JSON to see the search results. Thread comments with emoticon, recent comments with avatar, SEO optimized, and much more.

Membuat template menggunakan masonry/isotope tidaklah terlalu sulit. Tetapi ketika ingin menyatukannya dengan script load more/infinity scroll barulah sering terjadi masalah. Menurut sang Pencita template tersebut, dari beberapa uji coba dilakukan, akhirnya ia dapat menyatukan keduanya seperti yang pada template tersebut.

Template yang saya beri nama MXfluity ini menggunakan isotope untuk mengatur tata letak elemennya sehingga tersusun dengan baik dan digabungkan dengan load more yang hampir sama pada MyExtraNews dan MyTimeline, serta fitur yang ada pada template kali ini tidaklah jauh berbeda.

Desain yang sederhana sangat cocok bagi website/blog dengan tema photografi maupun personal. Sehingga membuat blog dapat terlihat dan terkesan lebih profesional. Kenapa di katakan demikian? Karena  penggabungan isotope dengan load more pada platform CMS (content management system) selain blogger misalnya pada wordpress umumnya ada pada themes premium.

Pada template ini cara menampilkan gambar pada halaman beranda yaitu dengan menggunakan 'data:post.thumbnailUrl' sehingga jika gambar pada artikel anda bukan pada hosting picasa web/blogspot maka yang akan tampil hanya gambar backupnya.

Ingat karena template ini di bagikan secara gratis serta menggunakan license Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 3.0 Unported License maka bagi anda yang ingin menggunakan template ini jangan menghilangkan kredit link yang ada di bagian footer untuk memberikan apresiasi pada pembuatnya. Buah karya yang dibuat dengan tidak gampang.

Serta, bukan untuk diperjual belikan. Jika anda melakukan sedikit modifikasi silahkan tambahkan tulisan redesign by tapi jangan menghilangkan kredit linknya untuk menghargai hasil kreatifitas seseorang.

Fitur-Fitur dari MXFLUITY Blogger Template

  • Responsive blogger Template.
  • JSON Search Result.
  • Sidebar dikanan atau dikiri dengan accordin slider
  • Related Post/Artikel terkait dengan jQueru get() sehingga loadingnya agak cepat (script dari moretechtips saya modifikasi sesuai templatenya).
  • Emoticon pada bagian komentar.
  • Ajax Recent Comments / Komentar terbaru dengan fitur untuk menghilangkan komentar Admin blog(dengan Animasi)
  • Optimasi SEO (schema.org).
  • Plugin jQuery Isotope untuk menyusun layout/tata letak elemen pada halaman beranda.
  • script loadmore jQuery get() untuk mendapat artikel pada halaman berikutnya sehingga tidak perlu berpindah kehalaman selanjutnya
  • Breadcrumd pada halaman artikel.
  • Support modern browser IE9, Mozilla, Chrome
  • Warna dasar Hitam, Putih, Merah dan Abu-abu.
Template Details :
Platform TypeBlogger / Blogspot
Template NameMXFluity Blogger Template
Instructions URLHow to install blogger template?


DesignerMKR | http://www.ivythemes.com/
Features
    4 Column, Fluid Width, Custom Menu, Gray, White, Elegant, Gallery, Magazine, Bookmark Ready, Widget Ready, Ads Ready, SEO Ready, Free Premium, 1 Right Sidebar etc.
    DescriptionsMXFlutiy Blogger Template is a free blogger template with lot of embedded features such as Responsive design and a cool JSON search bar. The template looks elegant. It has a layout of 4 column with 1 Right Sidebar. This template is suited for all kinds of blog.

    Search Tag:
    MXFluity Blogger Template
    MXFluity Blogspot Template
    MXFluity B Template
    MXFluity Blogger Theme
    MXFluity Blogspot Theme
    MXFluity B Theme

    Optimasi Blog Dengan Teknik SEO Offpage

     Optimasi Blog Dengan Teknik SEO Offpage
    Pengertian SEO Off Page serta manfaatnya bagi blog | optimasi SEO harus dibangun secara berimbang. Karena semua mempengaruhi eksistensi web/blog dimata search enggine. Jika sebelumnya kita berbicara tentang SEO On Page maka kali SEO Off Page lah yang menjadi pembahasan kita.

    Tekhnik SEO Off page juga Sangat Penting dalam menunjang ketenaran dan keberadaan blog dalam persaingan mendapatkan perhatian mesin pencari. Namun SEO off page tidaklah semudah SEO onpage yang memang sepenuhnya dibawah kontrol kita.

    SEO Off Page dilakukan diluar web/blog kita. Dalam hal ini, kita dituntut membangun hubungan secara luas terhadap beberapa situs guna mendapat backlink berkualitas dan tentunya dari situs berkualitas.

    Artikel kali ini sebenyarnya lanjutan dari  Cara Optimasi SEO On Page untuk Meningkatkan Peringkat Blog.  Dan disana sebelumnya saya telah sedikit menyinggung tentang SEO Off Page yang sekarang menjadi fokus kita.

    Berikut beberapa Teknik Optimasi SEO Off Page, diantaranya :

    Teknik SEO Off Page Backlink:

    Backlink, merupakan cara lama tetapi terbukti sangat efektif sampai sekarang. Cara ini masih di gunakan oleh para blogger untuk mendongkrak rangking blog. Membuat backlink adalah langkah pertama yang dilakukan dalam membangun SEO Off Page. Backlink itu sendiri artinya adalah Link balik yang maksudnya Link yang mengarah ke blog kita dari blog orang lain.


    Pencarian backlink bisa dilakukukan dengan cara blog commenting. Jadi, kita cari blog yang satu niche dengan blog kita dan tinggalkan comment sekaligus menyertakan link ke website kita.

    Gampang???


    Yang menjadi persoalan, untuk mendapatkan backlink tersebut tidak mudah. Karena biasanya jika kita ingin backlink kita juga harus memberikan keuntungan untuk dia seperti halnya bertukar link tetapi dengan bertukar link menurut para master tidak begitu baik karena link menjadi 2 arah yang bagus adalah link yang hanya 1 arah.

    Nah... siapa yang mau dengan rela begitu saja memberikan hal tersebut? ;) Kecuali situs-situs yang memang berkepentingan terhadap blog kita. Artinya blog yang mempunyai konten berkualitas lah yang mempunyai potensi mendapat backling secara cuma-cuma. 

    Teknik ini pun, punya ketentuan yang harus dipenuhi agar Backlink yang ditanam adalah link berkualitas dan sesuai keyword yang di targetkan. Karena caranya yang tidak mudah tersebut, sehingga kualitas Backlink ini mampu mendorong blog kita di mesin pencari sampai posisi teratas.

    Wow!!!... :)  Tapi yah sesuai lah... Mas.. Dari nilai upaya yang mencarinya tidak mudah... he.. he... ya gak??....

    Tips: Jika anda menanamkan backlink di situs orang lain adalah bentuk link sebaiknya berbentuk anchor teks, Anchor Teks. Artinya adalah link yang mengarah ke blog anda dengan menggunakan kata kunci yang di targetkan. Misalkan; Contoh kata kunci yang saya targetkan keywordnya di arahkan ke blog saya adalah "Responsive Blogger Templates", untuk membuat anchor teks bentuk html nya seperti ini:
    <a href="http://redaksiexpo2012.blogspot.com/">responsive blogger templates</a>

    Teknis SEO Off Page Social Bookmark:


    Social Bookmark, untuk yang satu ini, pada dasarnya kita sudah disediakan beberapa social bookmark untuk mempromosikan website kita. Sebagai pengetahuan saja sebagian besar blogger dari luar menjadikan social bookmark sebagai kegiatan wajib bagi mereka setelah melakukan pembaruan posting pada blog mereka. Beberapa social bookmark popular antara lain Digg, Pinterest, Delicious, StumbleUpon, Reddit dan masih banyak yang lainya.

    Membangun linkbuilding atau backlink yang kuat dengan sistem ini dapat dilakukan dengan cara mensubmit artikel anda di beberapa social media di internet seperti sosial bookmark diatas atau, social news dan lainnya. Teknik ini sangat efektif untuk meningkatkan kualitas backlink di mata search engine.

    Jika anda ingin mencari mana yang social news atau social bookmark, anda bisa pergi ke http://socialmarker.com. Click pilihan news maka situs yang merupakan social news akan di beri tanda checklist. Begitupun dengan social bookmark. setelah anda tahu mana yang social news dan yang social bookmark anda kunjungi situs yang di beri tanda checklist dan anda bookmark di browser anda.

    Teknihk SEO Off Page Submit ke Layanan Ping:

    Untuk lebih memahami sistem dan layanan Ping Blog, artikel sebelumnya Cara Ping Blog Agar Mempercepat Proses Index mungkin bisa dibaca..


    Ping blog adalah memberi tahukan kepada search engine keberadaan blog kita untuk di indeks dan di publikasikan di search engine. Untuk menggunakan layanan ini sebaiknya setiap anda menulis artikel terbaru langsung lakukan ping.

    Dalam hal ini, sebaiknya lakukan ping sekali saja agar tidak di anggap spam oleh search engine. Langkah ini sangat penting agar blog anda benar-benar di kenali oleh search engine lebih cepat. Layanan ping yang biasanya saya gunakan adalah PingOmatic.com .

    Teknik SEO Off Page Forum: 

    Forum, ini salah satu media yang bisa digunakan dalam promosi website/blog kita. Media tersebut merupakan tempat yang paling efektif untuk mendapatkan traffic. Salah satu caranya adalah kita post komentar pada thread yang orang buat dan kita tinggalkan signature yang diberi link ke website kita.
    Thread harus sesuai dengan bahasan blog kita dan signature yang diberikan merupakan kata kunci yang kita pilih.

    Selain dari beberapa langkah diatas, teknik lain yang mungkin dapat dilakukan adalah:


    Artikel Directory, artikel directory digunakan untuk memperkenalkan website kita keberbagai orang dengan cara menulis artikel dan meninggalkan link website kita itu sangat efektif untuk mendapatkan visitor.


    Website Directory, salah satu cara yang sebagian orang jarang lakukan adalah submit ke website directory sebenarnya ini bisa berdampak besar pada traffic blog anda, kadang pada website baru untuk berada di page 1 google sangat sulit dan dengan cara menginputkan website kita pada website directory itu bisa terjadi karena sebagian website directory mempunyai pagerank yang tinggi dan traffic yang bagus.


    Social Media, sekarang social media merupakan hal pokok dalam SEO. Layanan social media sekarang sangat di perhitungkan dalam mesin pencarian google dan termasuk dalam algoritma SEO. Karena google beranggapan social media merupakan tempat berkumpulnya banyak orang dari berbagai penjuru dunia dan jika kita mendapatkan visitor yang masuk melalui social media itu google menganggap visitor kita merupakan manusia yang benar-benar tertarik dengan website kita bukan robot yang sering menyusup ke website.

    JIKA SEMUA TERASA SULIT. Berarti sama seperti saya. Berikut salah satu tips sederhana untuk SEO Off Page dalam mendapatkan back link gratis dan berkualitas dengan cepat. Click Free Back Link for Blog


    Demikian langkah  Optimasi Blog Dengan Teknik SEO Offpage dan semoga bermanfaat..

    Faktor-faktor yang mempengaruhi ranking untuk On Page SEO

    Faktor-faktor yang mempengaruhi ranking untuk On Page SEO
    Artikel ini sebenarnya lanjutan dari sebelumnya Cara Optimasi SEO On Page untuk Meningkatkan Peringkat Blog.  Berkenaan dengan itu, untuk lebih mengembangkan teknik SEO On Page ada baiknya untuk memahami faktor-faktor penting yang mempengaruhi rangking dimata Search Enggine.  

    Pentingnya SEO On page, saya anggap kita semua sudah memahami (atau baca artikel sebelum). Optimasi pada tahap ini, kita lah yang mempunyai kontrol langsung melalui berbagai atribut dan faktor-faktor  template blog/situs untuk meningkatkan ranking dimata mesin pencari.

    Berikut faktor-faktor value yang menjadi bahan pertimbangan search enggine dalam menentukan posisi web/blog. 

    Konten

    FaktorNilaiKeterangan
    Kualitas+3Apakah konten ditulis dengan baik dan mempunyai kualitas yang baik juga?
    Penelitian+3Apakah Anda sudah meneliti kata kunci yang mungkin orang ketik untuk menemukan konten tersebut?
    Teks+2Apakah konten menggunakan kata ataupun kalimat yang sekiranya sesuai dengan kata kunci yang dibidik?
    Reaksi+2Apakah pengunjung menghabiskan waktu untuk membaca kontennya ataukah malah langsung pergi?
    Fresh+2Apakah konten masih fresh dan tentang topik yang sedang populer?

    HTML

    FaktorNilaiKeterangan
    Judul+3Apakah judul pada HTML (title tag) mempunyai kata kunci yang relevan dengan topik konten?
    Deskripsi+2Apakah tag deskripsi (description tag) mendeskripsikan dengan baik tentang hal apa konten tersebut?
    Heading+1Apakah judul utama dan judul pendukung menggunakan heading tag dengan kata kunci yang relevan?

    Arsitektur

    FaktorNilaiKeterangan
    Crawl+3Bisakah mesin pencari meng-crawl halaman-halaman di situs Anda?
    Kecepatan+1Apakah situs terbuka dengan cepat?
    Urls+1Apakah Url pendek dan berisi kata kunci berkaitan dengan topik?

    Catatan: Setiap faktor berkerja bersamaan dan saling mempengaruhi. Beberapa faktor lebih penting dari lainnya dengan penilaian 1 (terlemah) dan 3 (terkuat). Namun, hal ini bukan kata mati, artinya nilai sempurna dari faktor-faktor tersebut juga masih dipengaruhi sistem SEO Off Page.

    Pengertian dan Sejarah SEO

    Sebagian besar Blogger pasti berhubungan dengan SEO (Search Engine Optimization). Namun dibalik itu semua, mungkin ada yang tidak tahu tentang pengertian dan sejarah SEO sebenarnya.

     

    Pengertian SEO (Search Engine Optimization)

    Optimisasi mesin pencari (bahasa Inggris: Search Engine Optimization, biasa disingkat SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis dengan bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web/blog tertentu.

    Dalam hal ini, upaya SEO memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.

    Tujuan dari SEO sendiri, adalah menempatkan sebuah situs web/blog pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web/blog yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.


    Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan jaringan internet sebagai media bisnis, kebutuhan atas SEO juga semakin meningkat. Berada pada posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan pemasaran berbasis web/blog untuk mendapatkan pelanggan baru.

    Seiring dengan hal itu, peluang tersebut kemudian dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan jasa optimisasi mesin pencari bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki basis usaha di internet.


    Sejarah SEO (Search Engine Optimization)


    Danny Sullivan berpendapat, istilah search engine optimization pertama kali digunakan pada 26 Juli tahun 1997 oleh sebuah pesan spam yang diposting di Usenet. Pada masa itu algoritma mesin pencari belum terlalu kompleks sehingga mudah dimanipulasi.

    Versi awal algoritma pencarian didasarkan sepenuhnya pada informasi yang disediakan oleh webmaster melalui meta tag pada kode html situs web mereka. Meta tag menyediakan informasi tentang konten yang terkandung pada suatu halaman web dengan serangkaian kata kunci (keyword).

    Sebagian webmaster melakukan manipulasi dengan cara menuliskan kata kunci yang tidak sesuai dengan konten situs yang sesungguhnya, sehingga mesin pencari salah menempatkan dan memeringkat situs tersebut. Hal ini menyebabkan hasil pencarian menjadi tidak akurat dan menimbulkan kerugian baik bagi mesin pencari maupun bagi pengguna internet yang mengharapkan informasi yang relevan dan berkualitas.

    Larry Page dan Sergey Brin, dua mahasiswa doktoral ilmu komputer Universitas Stanford, berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan membangun Backrub, sebuah mesin pencari sederhana yang mengandalkan perhitungan matematika untuk memeringkat halaman web. Algoritma tersebut, yang dinamakan PageRank, merupakan fungsi matematika yang kompleks berupa kombinasi antara perhitungan jumlah link yang mengarah pada suatu halaman web dengan analisis atas kualitas masing-masing link tersebut.

    Berdasarkan prinsip kerja PageRank, secara umum bisa dikatakan bahwa halaman web yang memperoleh peringkat tinggi adalah halaman web yang banyak di-link oleh halaman web lain. Nilai PageRank juga akan semakin tinggi apabila halaman web yang mengarah kepadanya juga memiliki kualitas yang tinggi. Nilai sebuah link dari situs berkualitas tinggi seperti Yahoo! atau DMOZ dapat bernilai lebih tinggi daripada kombinasi nilai link dari seratus situs web berkualitas rendah.




    Backrub hanyalah sebuah permulaan. Pada tahun 1998 Page dan Brin mendirikan Google yang merupakan versi tingkat lanjut dari Backrub. Dalam waktu singkat Google memperoleh reputasi dan kepercayaan dari publik pengguna internet karena berhasil menyajikan hasil pencarian yang berkualitas (tidak dimanipulasi), cepat, dan relevan. PageRank lantas menjadi standar baik bagi mesin pencari lain maupun bagi webmaster yang berusaha agar situs webnya memperoleh nilai PageRank setinggi mungkin sehingga menempati posisi tertinggi pada hasil pencarian.

    PageRank, Pengertian dan Teknik (Algoritma) Penentuannya

    PageRank adalah sebuah algoritma yang telah dipatenkan yang berfungsi menentukan situs web/blog mana yang lebih penting/populer. PageRank merupakan salah satu fitur utama mesin pencari Google.

    Sebuah situs akan semakin populer jika semakin banyak situs lain yang meletakkan link yang mengarah ke situsnya, dengan asumsi isi/content situs tersebut lebih berguna dari isi/content situs lain.

    PageRank dihitung dengan skala 1-10. 
    Contoh: Sebuah situs dengan konten serupa/sejenis yang mempunyai Pagerank 9 akan di urutkan lebih dahulu dalam list pencarian Google daripada situs yang mempunyai Pagerank 8 dan kemudian seterusnya yang lebih kecil. 

    PageRank ditentukan oleh banyaknya atau berkualitasnya link yang menuju ke halaman tersebut. Jika linknya banyak dan berasal dari page ber-PageRank tinggi, maka kemungkinan PageRank halaman tersebut bisa naik.

    Disaat para webmaster cemas dengan berapa pagerank mereka di saat ini atau di saat yang akan datang, ada sebuah pertanyaan : Seberapa pentingkah PageRank itu? Banyak cara digunakan search engine dalam menentukan kualitas/rangking sebuah halaman web, mulai dari penggunaan META Tags, isi dokumen, penekanan pada content dan masih banyak teknik lain atau gabungan teknik yang mungkin digunakan.

    Link popularity, sebuah teknologi yang dikembangkan untuk memperbaiki kekurangan dari teknologi lain (Meta Keywords, Meta Description) yang bisa dicurangi dengan halaman yang khusus di desain untuk search engine atau biasa disebut doorway pages.

    Dengan algoritma ‘PageRank’ ini, dalam setiap halaman akan diperhitungkan inbound link (link masuk) dan outbound link (link keuar) dari setiap halaman web. PageRank, memiliki konsep dasar yang sama dengan link popularity, tetapi tidak hanya memperhitungkan “jumlah” inbound dan outbound link. Pendekatan yang digunakan adalah sebuah halaman akan diangap penting jika halaman lain memiliki link ke halaman tersebut.

    Sebuah halaman juga akan menjadi semakin penting jika halaman lain yang memiliki rangking (pagerank) tinggi mengacu ke halaman tersebut. Dengan pendekatan yang digunakan PageRank, proses terjadi secara rekursif dimana sebuah rangking akan ditentukan oleh rangking dari halaman web yang rangkingnya ditentukan oleh rangking halaman web lain yang memiliki link ke halaman tersebut.

    Proses ini berarti suatu proses yang berulang (rekursif). Di dunia maya, ada jutaan bahkan milyaran halaman web. Oleh karena itu sebuah rangking halaman web ditentukan dari struktur link dari keseluruhan halaman web yang ada di dunia maya. Sebuah proses yang sangat besar dan komplek.

    Cara Menentukan (Algoritma Penentuan PageRank) 


    Dari pendekatan yang sudah dijelaskan pada artikel konsep pagerank, Lawrence Page and Sergey Brin membuat algoritma pagerank seperti di bawah:

    Algoritma awal PR(A) = (1-d) + d ( ( PR(T1) / C(T1) ) + … + ( PR(Tn) / C(Tn) ) ) 
    Salah satu algoritma lain yang dipublikasikan PR(A) = (1-d) / N + d ( ( PR(T1) / C(T1) ) + … + ( PR(Tn) / C(Tn) ) ) 
    PR(A) adalah Pagerank halaman A 
    PR(T1) adalah Pagerank halaman T1 yang mengacu ke halaman A 
    C(T1) adalah jumlah link keluar (outbound link) pada halaman T1 
    d adalah damping factor yang bisa diberi antara 0 dan 1. 
    N adalah jumlah keseluruhan halaman web (yang terindeks oleh Google) 

    Dari algoritma di atas dapat dilihat bahwa pagerank ditentukan untuk setiap halaman anda bukan keseluruhan situs web.

    Pagerank sebuah halaman ditentukan dari pagerank halaman yang mengacu kepadanya yang juga menjalani proses penentuan pagerank dengan cara yang sama, jadi proses ini akan berulang sampai ditemukan hasil yang tepat.

    Akan tetapi pagerank halaman A tidak langsung diberikan kepada halaman yang dituju, akan tetapi sebelumnya dibagi dengan jumlah link yang ada pada halaman T1 (outbound link), dan pagerank itu akan dibagi rata kepada setiap link yang ada pada halaman tersebut.

    Demikian juga dengan setiap halaman lain “Tn” yang mengacu ke halaman “A”. Setelah semua pagerank yang didapat dari halaman-halaman lain yang mengacu ke halaman “A” dijumlahkan, nilai itu kemudian dikalikan dengan damping factor yang bernilai antara 0 sampai 1. Hal ini dilakukan agar tidak keseluruhan nilai pagerank halaman T didistribusikan ke halaman A.