11 September 2013

Google+ Booming di 2013, akan mendominasi social media di dunia

google+ booming di 2013
Perkembangan dunia online dewasa ini memang cukup luar biasa. Demikian juga perusahaan raksasa Google. Dan, di tahun 2013, kabarnya Google+ akan mendominasi seluruh situs social media di dunia.

Google+ dilaunching untuk pertama kalinya tahun 2011 lalu, yakni sebelum panda dan penguin keluar dari kandangnya. Saat itu Google+ hanya sebatas social media yang tak begitu populer. Dibandingkan Facebook, Twitter, Google+ masih kalah jauh.

Nah, seiring perkembangan zaman, pada 21 September 2012, Google melalui Webmaster mengatakan mengenai pengeluaran Google Authorship. Sebenarnya tidak terlalu baru, mengingat sebelum itu sudah ada beberapa situs yang memilikinya. Namun inilah titik klimaks dimana Google+ mulai menjadi prioritas utama blogger.

Tampilan berbeda yang lebih eye-catching di SERP Google membuat blogger berlomba-lomba mendapatkan pengakuan Google Authorship. Tak hanya itu. Pada bulan berikutnya Google+ memperkenalkan fasilitas chat serta hangout video untuk berkomunikasi jarak jauh antar pengguna Google+.

Sementara itu, Google+ terus saja menembakkan fitur-fitur lainnya yang membuat para pengguna Google+ betah dengan situs yang satu ini.Hal ini jugalah yang membuat Google+ dalam beberapa tahun terakhir menjadi dominan diantara situs sosial media lainnya.

Lalu, apa alasan saya mengatakan Google+ menjadi perhatian tersendiri di 2013 ?

Di tahun 2012 kita semua tahu Google secara major mengeluarkan Update Algoritma Panda dan Pinguin. Algoritma-algoritma baru tersebut menebas semua situs sampah yang tidak berkualitas, serta yang menggunakan teknik nakal. Nah, di 2013, seorang petinggi Google+ yang dijuluki big G pada waktu lalu menyatakan,
    If you want to play ball, try join our team
Intinya, jika anda seorang internet marketer, pebisnis online, atau sejenisnya.. Dan saat ini butuh sesuatu untuk promosi situs atau produk anda dalam menghadapi persaingan yang sebenarnya, berhubung wasit panda penguin sudah memberi kartu merah pada tim yang curang, Google+ lah solusinya.

Setiap perusahaan pasti menginginkan produknya laku, dan laba yang didapat juga besar. Bersama Google+, sebuah perusahaan bisa merambah semua para pelanggannya baik itu melalui post, chat, maupun hangout video. Ditambah lagi tampilan Google+ yang user-friendly.

Meski situs seperti Facebook juga menyediakan fitur-fitur seperti yang saya sebutkan diatas, Google+ tetap unggul pada posisinya mengingat pada 2013 Google akan member nilai tersendiri pada situs yang memiliki pangkat di Google Authorship.

Saya sendiri sampai saat ini masih menggunakan Google+ hanya sebagai sarana posting artikel blog. Tidak lebih. Fasilitas yang ada seperti chat, video hangout pun belum saya maksimalkan penggunaannya.

Bagaimana dengan Anda sendiri ? Apakah sudah mulai memaksimalkan penggunaan Google+ ?

Tentang penulis :
Muflich Kamil -bukan siapa-siapa. Bukan master, apalagi profesional. Sekedar part-time blogger pemilik blog kejarduit.com.