16 September 2013

Go Green Responsive Blogger template : FlatMag

Go Green Responsive Blogger template : FlatMag
FlatMag Responsive Blogger Template
Seiring dengan perkembangan zaman, dimana sistem akses internet sudah dapat dilakukan dengan banyak cara. Tidak hanya melalui PC atau notebook, melainkan sudah dapat melalui berbagai gadget, seperti handphone, tablet, hingga smartphone dan lainnya. Maka para blogger pun seolah wajib untuk mulai melirik template blog dengan kemampuan responsive.

Responsive blogger templates, adalah tema/template untuk blog yang dapat menyesuaikan dengan alat yang digunakan visitor dalam mengakses konten blog. Bagi para webmaster, responsive theme mungkin sudah tidak asing lagi, walau beberapa diantara masih terkesan enggan untuk berganti template.

Layout yang Responsive sangat memudahkan situs bisa menempati ukuruan layar gadget yang multi size. Halaman akan terlihat segar baik saat diakses melalui layar PC, Layar Tablet hingga Smartphone. Dengan desain Responsive juga para pengunjung blog akan lebih nyaman karena mereka hanya butuh menggeser scroll ke atas dan ke bawah, bukan lagi ada scroll ke kiri dan ke kanan.
Selain Responsive, template juga harus terlihat elegant dan rapi. Dan, jika mungkin kalian adalah salah satu orang pecinta Go Green dan penyuka warna hijau. Maka, Template Responsive dibawah linsensi tim Creative Commons Attribution 3.0, bisa dijadikan salah satu pilihan. Tidak hanya itu, Template Responsive yang bernama FlatMag Responsive ini, didesain untuk dibagi-bagikan secara gartis (Free Template).


FlatMag Responsive Blogger Template hadir dengan desain yang elegan dan responsive. Dan, mampu membuat pengunjung blog merasa lebih nyaman di mata. Karena, tidak begitu memuat banyak warna.

Secara visual template FlatMag Responsive didesain sangat apik dengan beberapa fitur yang modern. Menu sticky juga hadir menghiasi desain template FlatMag Responsive yang dipergunakan untuk desain template Blogger.

Fitur unggulan yang disediakan FlatMag Responsive Blogger Template: 


Responsive Design : Dengan desain Responsive yang memungkinkan resolusi template berubah secara otomatis ketika diakses menggunakan platform dengan ukuran layar yang berbeda. Sangat baik ketika berjalan di layar iPad, iPhone, Android, maupun Blackberry. Selain platform device, fitur desain yang dikelola dengan perlengkapan CSS3 dan HTML5 yang sangat baik berjalan di berbagai mesin browser seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera maupun Internet Explorer (IE).

Sticky Header Menu Drop Down : Hampir setiap pengembangan dan pembuat template modern menambahkan fitur multi-menu yang berjalan secara dop-down. Namun dengan beberapa sentuhan JQuery Sticky membuat drop down menu berkerja secara rapih dan elegan.

Breadcrumbs : Teknik atau fitur ini sangat baik untuk memonotize template menjadi SEO Friendly. User bisa mngetahui themes map konten yang ada di blog tersebut secara rinci mulai dari Home (index page) hingga ke detail content. Bahkan semua template terbaru pasti menggunakan fitur ini di desain template yang mereka buat.

Featured Label Posts : Keberadaan fitur Label Post ini bisa digunakan untuk memudahkan pengunjung menuju ke konten dengan kategori tertentu. Dan tentunya para administrtaor blog lebih mudah meletakkan konten-konten menariknya yang bisa dibaca oleh para visitornya dengan label-label tertentu. Ini jika blog kalian memiliki beberapa poin pembahasan dengan tema yang lebih banyak.

Author Bio Widget : Jika kalian melihat sebuah konten, di bagian bawah atau atas terdapat Biodata / nama author nya. Dan dengan data Author Bio Widget membuat pengunjung bisa tahu siapa yang ada di balik penulisan konten yang mereka baca saat ini. Jika defaulted Author blog hanya menampilkan nama saja, kali ini dengan Author Bio Widget bisa memuat keterangan lain selain nama saja, bisa menampilkan foto author nya, nama dan beberapa penjelasan singkat tentang sang penulis konten.

Editing Menu Sticky :
Ganti kode di bawah ini yang memang telah tercantum di kode template. Silahkan ganti kode pagar "#" dengan url kalian masing-masing :
<div class='span-24'>
<div class='menu-secondary-container'>
<ul class='menus menu-secondary'>
<li><a href='http://flatmag.blogspot.com/'>Home</a></li>
<li><a href='#'>Blog</a>
<ul class='children'>
<li><a href='#'>Internet</a></li>
<li><a href='#'>Market</a></li>
<li><a href='#'>Stock</a></li>
</ul>
</li>
<li><a href='#'>Contact</a>
<ul class='children'>
<li><a href='#'>Dvd</a></li>
<li><a href='#'>Games</a></li>
<li><a href='#'>Software</a>
<ul class='children'>
<li><a href='#'>Office</a>
</li>
</ul>
</li>
</ul>
</li>
<li><a href='#'>About Us</a></li>
<li><a href='#'>Portfolio</a></li>
<li><a href='#'>Tutor</a></li>
</ul>
</div>
</div>
Customize Featured Content Area :
Gunakan script di bawah ini untuk menentukan beberapa konten berdasarkan kategori tertentu di halaman widget. Silahkan masuk ke Blog >> Tata Letak >> Tambahkan Gadget. Copas saja script di bawah ini dengan mengganti Tech dengan kategori kalian masing-masing.
<script type='text/javascript'>
var numposts = 10;
var showpostthumbnails = true;
var displaymore = false;
var displayseparator = false;
var showcommentnum = false;
var showpostdate = false;
var showpostsummary = true;
var numchars = 100;
</script>
<script src='/feeds/posts/default/-/Tech?orderby=updated&amp;alt=json-in-script&amp;callback=labelthumbs' type='text/javascript'/></script>

Cara meningkatkan traffic pengunjung di blog

Ini artikel sebenarnya saya dapat dari hasil blogwalking. Ditulis oleh Erda Meikeyana pada digitalareas.blogspot.com. Saya sependapat dan setuju dengan tulisannya. Yakni; tentang Cara meningkatkan traffic pengunjung di blog.

Cara meningkatkan traffic pengujung di blog
Memang, tujuan dari membangun sebuah blog agar bermanfaat bagi pengujung dan tentunya bagi kita sendiri. Sekedar hoby, bisa jadi iya.. Tapi jauh didasar lubuk hati sebagian besar blogger, ada harapan blog yang dibuat dapat berkembang. Dan selebihnya lagi, dapat menghasilkan dalam bentuk nyata berupa rupiah atau dolar.
Dalam hal ini, tentunya diawali dengan jumlah visitor atau pengunjung yang terus bertambah dan stabil.
Karena, traffic pengunjung sangat mempengaruhi rangking blog anda. Semakin banyak pengunjung maka akan semakin kecil rangking yang di dapat. Itu artinya semakin besar peluang mendapatkan keuntungan untuk anda yang melakukan monetisasi pada blog.

Banyak website yang menawarkan jasa meningkatkan traffic pengunjung secara instan. Memang ada kalanya  website tersebut bisa meningkatkan traffic, tapi itu sangat sedikit sekali yang benar, apalagi stabil. Justru lebih banyak website yang hanya ingin mengambil untung dari anda alias hanya menipu.

Biasanya website seperti itu hanya akan mengambil data anda untuk kepentingan mereka sendiri. Maka dari itu lebih baik kita memakai cara-cara yang sederhana, logis, wajar, dan bertahap, tapi pasti.  Yang jelas, terbukti dapat meningkatkan pengunjung, walau tidak instan tapi aman.

 ||  Cara Terbaik Meningkatkan Pengunjung Blog

Oke-oke... saya sudahi mukadimahnya. Mari kita langsung pada pokok pembahasan inti tentang bagaimana trik untuk meningkatkan traffic pengunjung pada blog.

Buatlah Konten yang Berkualitas

Sebagian besar webmaster merekomendasikan ini. Demikian juga jutaan artikel tentang tips SEO. Dimana mengatakan, konten atau artikel adalah unsur utama dari sebuah blog. Terkadang kita sering kali menemukan artikel yang sangat panjang tapi terlalu banyak kata-kata yang tidak diperlukan sehingga sulit untuk dipahami. Bahkan lebih ironisnya lagi, malah membosankan. :(

Memang artikel yang baik adalah artikel yang panjang, tapi kita harus memperhatikan apa yang sebenarnya akan dijelaskan pada artikel tersebut dan apa kata-kata yang tepat untuk digunakan sehingga tidak berbelit-belit agar pembaca mudah menyerap. Sehingga bermanfaat.

Konten atau artikel sebaiknya berisi jawaban dari sebuah pertanyaan atau tips-tips. Misalnya hal yang sedang menjadi topik hangat saat ini adalah gadget terbaru. Maka sebaiknya anda menuliskan tentang gadget terbaru tersebut mulai dari harga hingga yang lainnya.

Jangan lupa juga memperhatikan judul dan keyword yang dipakai pada artikel tersebut. Kenapa? karena ini sangat berpengaruh untuk meningkatkan pengunjung. Maka sebaiknya anda melakukan riset terlebih dahulu sebelum menentukan judul dan keyword yang akan dipakai.

Gunakanlah google adwords. Oh... ya... Berita terbarunya; ternyata Google Adwords memperkenalkan produk baru mereka bernama “Google Keyword Planner” yang merupakan kombinasi Keyword Tool dan Keyword Traffic Estimator kedalam satu tools menarik. Akan tetapi, kendati berubah, fungsinya tetap sama bahkan terdapat penyempurnaan. Yakni; untuk meriset judul/keyword. Usahakan mengupdate artikel secara rutin agar blog anda tidak sepi pengunjung.

Segera Daftarkan Blog pada Serch Engine

Ini penting banget bro... Akan percuma rasanya jika sudah memperhatikan kualitas konten tetapi tidak mendaftarkan blog anda pada search engine. Karena jika tidak terdaftar, maka otomatis blog anda tidak dapat ditelusuri pada search engine karena tidak terindex oleh search engine tersebut.
Submit Sitemap Blogger caranya disini

Loading Harus Cepat

Apa yang anda lakukan bila mendapatkan blog atau website yang loadingnya lama? Ya! pasti anda akan kesal dan mengeluh. Lalu setelah itu anda mengklik tombol close dan mencari artikel lain yang lebih cepat loadingnya.

Jangan sampai itu terjadi pada blog anda, karena bisa-bisa pengunjung merasakan hal yang sama. Itu sangat buruk dan bisa mempengaruhi rangking blog anda. Usahakan pilih template yang ringan (Ini: blog template fast loading) agar membuat pengunjung anda merasa nyaman dalam menelusuri blog anda.

Perhatikan Desain/Tata Letak/Tampilan Blog

Siapa yang tidak tertarik dengan desain yang menarik? Desain yang unik dan menarik tentu saja membuat pengunjung merasa nyaman ketika melihat-lihat isi blog.

Semua tertata rapi dan enak dilihat karena ada navigasi yang jelas, terlebih lagi jika desainnya sesuai dengan isi dari blog tersebut. Jadi jangan menyepelekan desain pada blog agar pengunjung semakin banyak yang tertarik mengunjungi blog anda.

Manfaatkan Jejaring Sosial

Jejaring sosial adalah hal yang sangat digemari saat ini oleh semua kalangan. Hanya dengan online kita dapat berbagi informasi menarik kepada teman-teman, mendapatkan teman baru, membuat grup,  dan masih banyak yang dapat kita lakukan.

Magnet yang terdapat pada jejaring sosial memang sangatlah tidak terduga, karena saat jejaring sosial yang satu diluncurkan selang beberapa bulan/tahun muncul jejaring sosial lain.

Dan ini membuat orang-orang di masa kini tidak terlepas dari gadget mereka yang sudah difasilitasi dengan aplikasi jejaring sosial seperti google plus, facebook, twitter, dll.

Melihat dari boomingnya jejaring sosial maka anda dapat memanfaatkannya untuk meningkatkan jumlah pengunjung, jaid setelah mempublikasi artikel jangan lupa bagikan artikel di jejaring sosial/media sosial.

Sering-Sering Melakukan Blogwalking

Jangan merasa blog anda paling bagus dan paling lengkap, sehingga anda malas meminta backlink pada blogger lain. Blogwalking sangat penting untuk mendapatkan backlink dari blog lain. Ini adalah hubungan timbal balik yang dilakukan seorang blogger untuk meningkatkan traffic pengunjung.
Blogwalking merupakan salah satu kunci suksesnya optimasi SEO Off Page. Backlink bro... suplemen sehat buat pagerank blog.
Bukan hanya itu, Blogwalking juga sangat baik bagi anda. Apalagi mengunjungi blog yang 'seiman' eh... maksudnya blog dengan topik sama. Itung-itung, bisa menambah wawasan dan jaringan pertemanan.

Just for Blogger : Link Exchange

Sebelumnya kita harus sepakat, BACK LINK sangat baik untuk kesehatan kita. Eh.. maksudnya blog kita. Ini merupakan bagian dari SEO Off Page. Jadi kenapa kita tak saling bantu, Ya kan????

Memang ALL ABOUT BLOGSPOT TEMPLATES, belum memiliki Page Rank (PR) tinggi. Tapi yakinlah, saya akan berusaha untuk menaikkan peringkatnya dimata search enggine. he... he... Apalagi dengan bantuan para blogger sekalian dengan cara bertukar link (link exchange). Disisi lain, jika ditelusuri melalui silsilah keluarga, saya masih keponakannya Om Google.. just kidding broo..

Halaman ini untuk para blogger yang tertarik untuk saling tukar link.

Beberapa peraturan yang harus disepakati, situs sobat blogger tidak melanggar hukum, porno, sara. Jika tertarik  tinggalkan saja komentar di postingan ini. Untuk mempermudah pemasangan link, harap cantumkan URL sobat yang jelas.

Peraturan terakhir | ADIL | Jika link  ALL ABOUT BLOGSPOT TEMPLATES
berada dihalaman depan situs anda, maka sebaliknya link anda juga akan berada di posisi depan. Jika di posisi stategis dan ada semacam promo, maka link sobat pun akan diperlakukan begitu. Namun jika link saya berada pada halaman khusus atau semacamnya, nasib sama juga akan diterima link anda. Bila perlu saya injek-injek dulu...  he... he... just kidding again brothers..


  Link Sobat ALL ABOUT BLOGSPOT TEMPLATES  



    My BLOG   

  • XMGZ : X MAGAZINE  Situs yang mengungkap tentang sejarah, mitoglogi, fakta, cerita, informasi, legenda, dibalik, Indonesia, Nusantara, Atlantis, Kejawen, dan lemuria. 
  • EXPO ONLINE : Portal Berita Online Indonesia dan Bengkulu.

Fungsi, Manfaat, dan Cara Membuat Halaman About Me

Mayoritas blog, memuat halaman About Me. Atau semacamnya, seperti, About This Blog, About, The Author, etc. Dimana secara harafiah dapat diartikan Tentang Aku atau Tentang Blog bersangkutan. Sebagian menggunakan widget standar milik blogger dan beberapa diantaranya ditulis atau dibuat pada halaman mandiri/khusus.

Pada widget standar bawaan blogger, About Me secara otomatis akan Menampilkan informasi tentang diri Anda kepada pengunjung. Dan settingnya diatur pada dashboard blogger itu sendiri.

Sedangkan, pada About Me yang dibuat pada halaman khusus, biasanya, ditulis informasi lengkap tentang diri blogger dan deskripsi menyangkut konten pada blog bersangkutan. Baik tutorial yang menyertakan navigasi untuk pengunjung, maupun tentang konten yang tersedia didalamnya.

Cara membuat, fungsi, dan manfaat halaman About Me
Tampilan About Me yang ditulis pada halaman mandiri
Pada umumnya, pengunjung cukup penasaran untuk membuka halaman tersebut, untuk mengetahui lebih lanjut tentang pemilik blog dan blog bersangkutan. Apalagi pengunjung dari kalangan blogger sendiri. Dimana biasanya suka membangun jaringan blog dan mencari teman blogger baru. Minat untuk membaca About Me akan lebih kuat.

Fungsi About Me pada Blog

About Me bukan hanya sekedar pemanis tampilan template blog. Atau hanya sekedar jual tampang (eksisDOTcom) untuk pemilik. Selain untuk transparansi, konten tersebut berfungsi sebagai media penjalin kedekatan antara penulis dengan pembaca blog bersangkutan. Walau, tidak sedikit blogger yang "misterius" untuk tidak menampilkan jati diri sang penulis. 

Selain itu, seperti pada penjelasan awal, About Me dapat digunakan sebagai halaman yang mengulas secara lengkap deskripsi blog serta menulis secara detil gambaran artikel atau konten yang dimuat pada blog. Maka, About Me juga dapat berfungsi untuk mengdongkrak SEO. Walau dalam hal ini, saya tidak tahu persis seberapa kuat kemampuan deskripsi pada halaman About Me mampu menarik robot untuk memicu posisi blog dimata search enggine. 

Akan tetapi, bagi beberapa webmaster profesional, menyarankan, sebelum blog dibuat harus mempunyai landasan konsep yang kuat. Sehingga mampu menembus persaingan super ketat TOP 10 di search enggine. Salah satunya, melalui langkah awal mem-posting About Me yang menulis deskripsi lengkap blog bersangkutan, untuk diperkenalkan dengan mesin pencari.
Artinya, fungsi About Me yang disusun dan tulis dengan konsep yang kuat akan mendongkrak SEO.

Manfaat About Me pada Blog

Jika melihat fungsi About Me, jelas kueri tersebut sangat bermanfaat bagi sebuah blog. Selain itu, ketika About Me dirancang dengan baik dan terkonsep, bermanfaat menjadi resepsionis bagi blog kita. Sehingga tercipta keakraban antara pengunjung dan pemilik blog. 
Secara profesional, pemilik blog yang memperkenalkan diri secara baik akan lebih mendapat perhatian khusus dari pengunjung. 

Cara Membuat About Me pada Blog

Ketika kita mengetahui fungsi dan manfaat About Me, mungkin hal yang pertama terpikirkan adalah; Bagaimana cara membuat About Me yang baik?

Pada artikel ini, saya hanya memfokuskan cara pembuatan About Me yang ditulis pada halaman khusus. Sedangkan untuk Profil/About Me menggunakan widget standar blogger, saya kira sudah cukup paham. Yakni melalui Penambahan Gadget melalui edit Tata Letak dashboard blog.

Adapun mengenai isi halaman “About Me” sebenarnya tergantung preferensi pribadi masing-masing blogger, tetapi setidaknya ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk dimasukkan:
  • Foto: Sekalipun banyak blogger yang sering “ngumpet” dengan tidak mencantumkan selembar fotopun di blognya, namun pengunjung blog kita biasanya sangat penasaran untuk melihat foto penulis tulisan yang sedang mereka baca.
  • Tujuan ngeblog/blogging: Uraikan secara jelas tujuan dari blog sahabat, ia bercerita tentang apa? Dan apa yang akan didapatkan pembaca darinya?
  • Pekernalkan diri: Biasanya perkenalan singkat saja. Tetapi, khususnya pada uraian tentang pengalaman para blogger dengan topik yang dituliskan di blog. Mengapa mereka harus membaca? Apa konteks dan latar belakang para blogger?
  • Perkenalkan tentang ngeblog: Pengunjung blog, khususnya yang datang dari search engine seperti Google, biasanya belum bayak tahu tentang blog, misalnya tentang RSS, pentingnya komentar, etc. Jadi di halaman About Me sebaiknya dikenalkan sedikit tentang dunia blogging atau setidaknya ada link ke artikel/postingan tentang itu. Selain itu mereka juga bisa diarahkan ke tulisan tertentu di blog Anda yang merupakan tulisan kunci di blog Anda. Hal ini termasuk bagian dari cara membangun sistem link internal diblog.
  • Contact Details: Pertimbangkanlah untuk memberikan cara bagi para pembaca untuk bisa berkomunikasi dengan Anda. Lagi-lagi ini tentang transparansi dan interaktifitas.
Selain dari beberapa point tersebut diatas, hendaknya, penulisan About Me menggunakan bahasa yang komunikatif. Dan, sertakan deskripsi lengkap berupa rangkaian kata kunci/keyword dalam kalimat artikel. Serta bangun link internal diblog yang besangkutan dengan artikel About Me tersebut.

Saya kira cukup disini penjelasan Fungsi, Manfaat, dan Cara Membuat Halaman About Me, jika ada yang kurang atau malah lebih, sangat diharapkan saran dan pendapatnya. Semoga bermanfaat.

Contoh About Me : Disini