08 November 2013

Cara memasang Tool Color Wheel di Blog

Cara memasang Tool Color Wheel di Blog
All About Blogspot Templates : Postingan kali ini sebenarnya hanya menjawab pertanyaan dari sobat blogger saya, yakni +Kang Ucup. Dimana pada post sebelumnya Generator Kode Warna HTML, dia berkomentar dengan kata lain meminta tentang cara mendapatkan tool Color Wheel untuk blogspot.

Memang, Tool Color Wheel sebegai generator kode warna HTML sangat diperlukan, khususnya bagi para blogger yang hobby melakukan editing template. Kode Warna HTML itu sendiri, digunakan untuk mendeskripsikan dan melakukan spesifikasi dari warna-warna yang di inginkan dalam perancangan halaman web/blog. Gunanya tentu, untuk mempermudah seorang blogger dalam memilih warna yang akan digunakan untuk elemen-elemen web/blog-nya.

Tool Color Wheel adalah generator kode warna HTML yang sangat simple digunakan. Hanya dengan meng-click bagian warna yang diinginkan, maka secara otomatis akan muncul beberapa pilihan kode HTML warna yang diperlukan.

Berikut code/srcipt untuk memasang Tool Color Wheel di Blog:
<center>
<div style="text-align: center;">
<object align="middle" classid="clsid:d27cdb6e-ae6d-11cf-96b8-444553540000" codebase="http://fpdownload.macromedia.com/pub/shockwave/cabs/flash/swflash.cab#version=8,0,0,0" height="480" id="col" width="480"> <param value="sameDomain" name="allowScriptAccess" /> <param value="http://www.2createawebsite.com/build/col.swf" name="movie" /> <param value="high" name="quality" /> <param value="#ffffff" name="bgcolor" /> <embed pluginspage="http://www.macromedia.com/go/getflashplayer" quality="high" allowscriptaccess="sameDomain" type="application/x-shockwave-flash" src="http://www.2createawebsite.com/build/col.swf" bgcolor="#ffffff" name="col" width="480" align="middle" height="480"></embed> </object></div>
</center>



Cara mengaktifkan fitur meta description di blogspot

Cara membuat meta description dinamis di blogspot
All About Blogspot Templates : Sama kita ketahui, selain blog kita, di dunia online terdapat jutaan blog sejenis. Jadi, untuk bersaing dimata search enggine, perlu pondasi kuat. Salah satunya adalah melakukan Optimasi SEO On Page untuk meningkatkan Peringkat Blog (SERP). Dan inilah satu-satunya optimasi yang kendalinya berada pada kita.

Dulu, pada template standar untuk blogspot sebagian besar masih perlu dimodifikasi agar lebih SEO Friendly.  Meta description tag adalah salah satu meta tags yang sangat penting bagi blog, bahkan kini mungkin menjadi satu-satunya meta tag yang memiliki bobot besar bagi search engine.

Meta description berfungsi sebagai pemuat meta informasi yang mendeskripsikan isi halaman blog. Meta deskripsi ini juga menjadi bagian dari snippet deskripsi di hasil pencarian Google. Oleh karena itu, menggunakan dan mengoptimalkannya secara tepat akan menambah kekuatan SEO blog di search engine, atau setidaknya menjadi alat bagi blog untuk menarik pengunjung dari search engine.

Sebenarnya, ada banyak sekali poin penting yang dapat di-ulas mengenai meta description ini, baik mengenai "kesalahpahaman" meta description yang dianggap sebagai keseluruhan meta tags (meta tags ada banyak: meta keywords, meta author, meta robots, meta location, dll), maupun dalam konteks apakah meta description masih digunakan search engine, khususnya Google. Namun untuk kali ini, pembahasan lebih difokuskan tentang Cara mengaktifkan meta description dinamis di blogspot.

Beberapa fitur baru Blogger memang mengagumkan, salah satutnya  fitur Blogger yang berkaitan erat dengan SEO: Fitur Custom Meta Description Blogger. Sebenarnya fitur ini muncul sudah agak lama, sekitar Februari-Maret 2012, tapi belum selengkap dan sesempurna seperti sekarang, yaitu adanya penambahan fitur search description pada single post (deskripsi unik untuk masing-masing halaman posting).

Cara Menggunakan dan Menambahkan Meta Description Blogger

Jika dulu, sebelum ada fitur search preferences yang dapat diatur dengan mudah melalui dashboard Blogger, kita mesti menambahkan tag meta deskripsi secara manual:
<meta name='description' content='deskripsi konten/halaman blog' />
Tapi kini, hal itu tidak perlu lagi, karena fitur meta description dapat dengan mudah diakses melalui halaman settings blogger.
1. Buka dashboard > settings
2. Pilih search preferences
3. Lihat Pada bagian Meta Tags > Description
4. Klik "Edit".
5. Pada opsi Enable search description? Pilih "Yes/Ya".

Cara membuat meta description dinamis di blogspot

6. Akan muncul content box seperti ini:
Cara membuat meta description dinamis di blogspot


7. Isikan deskripsi blog sesuai keinginan. Ingat, maksimal hanya 150 karakter, jadi optimalkan penggunaan kata-kata se-efisien mungkin. Lalu klik "save changes" untuk menyimpannya.

Berikut contoh snippet description-nya di Google: 

Cara membuat meta description dinamis di blogspot



Cara Menambahkan Meta Description Pada Single Post/Halaman Posting

Ini langkah kedua setelah atau tindak lanjut dari sistem meta description yang kita bicarakan diatas. Yakni mengatur fitur setting meta tags (description), dimana masing-masing halaman blog dapat diberi deskripsi unik, sehingga menambah kekuatan SEO-nya, setidaknya ketika tampil di hasil pencarian. Berikut caranya?

1. Syarat penting dari penggunaan fitur "Search Description" ini adalah dengan mengakftifkan terlebih dahulu fitur Meta Description seperti cara di atas.
2. Setelah diaktifkan, buka halaman posting editor (seperti ketika membuat posting baru).
3. Lihat ke sebelah kanan pada "Post Settings", akan ada beberapa panel.
4. Jika setting meta description telah diaktifkan (enable) seperti cara di atas, maka akan muncul satu fitur lagi, "Search Description", deskripsi pencarian, yang bukan lain adalah fitur untuk menambahkan meta deskripsi unik pada masing-masing halaman posting.

Perhatikan gambar berikut:
Cara membuat meta description dinamis di blogspot
- Klik "Search Description/Deskripsi Penelusuran"
- Isikan deskripsi isi artikel/posting/halaman sesuai keinginan
- Klik "Done/Selesai" jika sudah selesai.

Langkah di atas dapat dilakukan ketika membuat posting baru atau ingin mengedit posting-posting lama untuk menambahkan deskripsi. Sehingga, setiap halaman posting akan memiliki meta description unik pada masing-masing halaman blog.

Tapi masih ada satu catatan lagi: meta description, seperti namanya, harus memiliki isi yang benar-benar deskriptif, sehingga pengunjung yang melihatnya tidak bingung dan justru tidak jadi melakukan klik.

Seperti disarankan oleh salah satu blogger Indonesia Ahmad Khoirul Azmi, tentang  Cara Mengoptimalkan Meta Description:

Katanya, ada beberapa kiat khusus untuk mengoptimalkan isi meta description, baik untuk search engine maupun untuk user/visitor.



1. Meta description hendaknya berisi kalimat, bukan sekedar frase atau keyword tanpa bisa dipahami maknanya oleh pengunjung. Meta description adalah yang ditampilkan sebagai snippet deskripsi di bawah judul konten. Gunakan kalimat jelas dan upayakan dapat "merayu" pengunjung untuk melakukan klik. Meta description merupakan alat ampuh untuk meningkatkan traffic blog jika digunakan dengan benar.

2. Memperhatikan keyword yang digunakan sangat penting, namun sebaiknya jangan membanjiri deskripsi dengan keyword saja, karena membingungkan pengunjung dan justru bisa dianggap sebagai spam oleh Google. Be natural! Saya sering melihat deskripsi sengaja dibuat dengan menggunakan tag: page title - blog name - page title, yang menghasilkan judul blog - nama blog - judul blog, ini justru dapat merugikan blog karena tidak deskriptif, berisi pengulangan-pengulangan tidak penting, dan tentunya, spammy!

3. Jumlah karakter yang ditampilkan di search snippet kini semakin berkurang, dulu karakter deskripsi bisa mencapai 160 karakter. Tapi kini cuma di bawah jumlah itu. Bahkan untuk berjaga-jaga, sebaiknya deskripsi memiliki karakter tidak lebih dari 140 karakter (mengingat kini snippet tanggal juga ditampilkan).

Demikian sedikit tips tentang optimalisasi meta description blog. Yang saya dapat dari berbagai sumber, salah satu dari blog Mas Ahmad Khoirul Azmi. Semoga bermanfaat...