14 November 2013

Fungsi, Manfaat dan Cara Setting Komentar Untuk Optimasi Blog

Fungsi, Manfaat dan Cara Setting Komentar Untuk Optimasi Blog
Jika selama ini, kolom komentar hanya dianggap sebagai fitur pelengkap dalam sebuah blog, maka saat ini, saya merasa fasilitas yang sejatinya diperuntukkan bagi visitor itu mempunyai peran penting dalam optimasi blog.

Rasa ini (puitis, red), saya dapat akhir-akhir ini selama belajar blogging. Ditambah ketika membaca diskusi menarik antara Kompi Ajaib dengan Mas Kolis di forum. Dimana mengambarkan aktifitas di kolom komentar sangat berpengaruh terhadap masa depan blog. Bisa positif atau malah sebaliknya negatif.

Dimana dalam diskusi tentang template juga menyinggung soal sistem komentar agar di setting hanya untuk user google saja. Karena untuk menghindari, jika suatu saat  para komentator, blognya dihapus atau expire yang menyebabkan dead link. Dead link sangat berpengaruh di SERP.

Sejujurnya, jika hanya dari diskusi singkat antara dua blogger diatas, saya belum begitu berpikir serius tentang pengaruh besar 'kolom komentar' untuk masa depan blog. 

Nah, ketika Matt Cutts kembali berbicara tentang hal ihwal sistem komentar di blog. Maka jelas kita harus serius menanggapinya. Mau tahu siapa Matt Cutts? Dia adalah orang kampung yang sok paham tentang dunia maya. Sok penting di Google as a software engineer. Huh...

Ssstttt... just kidding brother, emang si Akang Matt Cutts tokoh penting dalam hal ini. Dia adalah Kepala Web Spam di Google sekaligus praktisi SEO dunia. Masa gak percaya dengan kata-katanya, he... he....

Nah baru-baru ini Matt Cutts sebagai kepala tim webspam Google tersebut, ia telah membuat sebuah video yang berbicara tentang komentar blog. Matt Cutts mengatakan jika Anda berkomentar pada sebuah blog hendaklah menggunakan nama Anda (Profil Google), jangan menggunakan nama dengan link atau url (anchor text) semisalnya url blog Anda bila tidak ingin dianggap SPAM. Dan ini tentunya akan berdampak buruk juga terhadap blog yang Anda komentari.

Jika terdapat sebuah blog dengan banyak outbound link yang datang dari komentar, ini akan berakibat buruk pada kesehatan blog. Dan lebih parahnya lagi blog akan disingkirkan dari SERP bahkan dibanned.

Namun pertanyaan lain akan muncul, bagaiman jika linknya disimpan pada komentar bukan pada nama komentator? Semua Blogger tentunya telah sependapat bahwa komentar yang menggunakan link hidup pada komentar adalah komentar spam yang wajib dihapus. Kita bisa menghapus manual komentar spam ini melalui dashbord blog.

Namun jika ini terlalu banyak dan kita terlalu sibuk untuk menghapus satu per satu komentar spam ini kita bisa menggunakan script yang secara otomatis akan menghilangkan link hidup pada komentar. Script ini banyak bertebaran di Google, atau silahkan baca "Cara Menghilangkan Link Aktif pada Komentar Blog" dijamin beres!!


Nah salah satu cara untuk menghindari pemakaian anchor text dengan url ini yaitu dengan menggunakan setting komentar User with Google Account atau Anda bisa mengaktifkan fitur komentar Google+ pada blog Anda.

Dalam hal ini, saya tidak akan berbicara banyak tentang cara setting komentar User with Google Account atau fitur komentar Google Plus. Karena sebagian besar blogger sudah paham dengan hal ini. Jika tidak, kebangetan... he... he...  


Berikut adalah video dari Matt Cutts yang menjelaskan tentang komentar spam. Silahkan Anda simak baik-baik...



Nah bagaimana dengan Anda? Apakah blog Anda masih mengaktifkan fitur Anonymouse atau OpenID? Atau sudah menggunakan setting User with Google Akun? Atau mungkin Anda sudah menggunakan komentar Google Plus?

Itu tentunya terserah masing-masing dari Anda sebagai pengelola blog dan tentunya memiliki argumen masing-masing untuk setting komentar blog Anda.

Cara Setting Komentar Untuk Optimasi Blog

Tidak sampai hati rasa jika tidak berbagi tentang cara setting komentar, kali aja memang ada yang benar-benar newbie he.. he...

Pertama, sudah pasti anda harus dilakukan login ke blog:
Pilih dashboard atau blog yang ingin Anda setting kolom komentarnya.
Kemudan pilih setelan, dan selanjutnya pilih pos dan komentar seperti yang terlihat pada gambar.

Fungsi, Manfaat dan Cara Setting Komentar Untuk Optimasi Blog

Selanjutnya, pada halaman setelan pos dankomentar Anda bisa melakukan setting pada beberapa bagian dan memilih opsi yang anda inginkan:

LOKASI KOMENTAR
  • Tersemat: Komentar bisa dilakukan pada halaman yang sama di bawah posting.
  • Halaman penuh dan jendela pemunculan: Orang yang melakukan komentar akan dibawa pada halaman baru atau halaman yang berbeda. 
  • Sembunyikan : Tidak menampilkan komentar. Opsi ini tidak menghilangkan komentar yang sudah ada sebelumnya. Anda bisa memunculkan lagi dengan memilih opsi yang lain.

SIAPA YANG DAPAT KOMENTAR
  • Semua orang-termasuk pengguna tanpa nama : Siapa saja bisa melakukan komentar termasuk pengguna tanpa nama atau anonymous.
  • Pengguna terdaftar-termasuk openID : Siapa saja bisa melakukan komentar kecuali anonymouse. Pengguna harus melakukan log in terlebih dahulu sebelum melakukan komentar. 
  • Pengguna dengan Akun Google : Hanya pengguna yang mempunyai Akun google saja yang dapat memberi komentar.
  • Hanya anggota blog ini : Hanya pengguna yang terdaftar di blog Anda saja yang bisa memberi komentar.

MODERASI KOMENTAR.
  • Selalu dan kadang-kadang : Komentar harus menunggu persetujuan Anda untuk ditampilkan. Anda bisa memilah-milah komentar yang ingin Anda tampilkan. 
  • Tidak pernah : Komentar akan langsung tampil saat itu juga.

TAMPILKAN VERIFIKASI KATA

Untuk mengghindari komentar otomatis dengan robot Anda bisa pilih ya. Maka pengguna harus memasukkan kode captcha terlebih dahulu agar komentar bisa tampil.

TAMPILKAN TAUTAN BALIK
  • Tampilkan : Anda bisa pilih tampilkan untuk menampilkan link hidup.
  • Sembunyikan : Anda bisa pilih sembunyikan jika tidak ingin menampilkan link hidup.
Untuk cara setting fitur baru Google Plus Comment baca di sini

    NB   
Bagi para blogger Blogwalking termasuk acara wajib, termasuk meninggalkan jejak dengan cara berkomentar dengan blog yang di kunjungi. Selain menjalin tali silahturrahmi sesama blogger, juga mendapat bonus suplemen khusus untuk kesehatan blog, yakni backling.