26 Januari 2015

Tips SEO terbaik sepanjang waktu

Tips SEO terbaik sepanjang waktu
Tips SEO terbaik sepanjang waktu
Berbicara tentang SEO (Search Enggine Optimasion) memang menarik. Sejak beberapa tahun yang lalu saya mulai ngeblog, hingga saat ini, masalah perlombaan menempatkan kata kunci menjadi  top 1 di google  tetap menjadi sesuatu dan senantiasa di bahas.

Memang akhir-akhir ini saya jarang nge-blog (istilah blogger update postingan), soalnya saya mempunyai kesibukan yang baru. Sebenarnya tetap di dunia online. Saya sibuk menjadi marketing online dengan membuka online shop yakni: Bajeu dan Ariko Clothing. Produk pakaian branded keren he.. he... Gak percaya check aja langsung.

Kembali ke topik awal, “come on”:  Tulisan ini saya buat Cuma karena rindu ngeblog. Dari berbagai topik yang dipilih, jatuhnya tetap yang terbaik masalah SEO.

Sejak awal, saya sangat tertarik dengan SEO dan berupaya penuh mempelajari tentang SEO. Termsuk berbagai kaidah dan rumus-rumus SEO yang bisa kita baca melalui tutorial yang jumlahnya jutaan diluar sana. Dengan berbagai versi dan pengalaman masing-masing blogger.

Alhasil, yang didapat makin melebar dan tidak ada rumus baku tentang SEO. Malah semakin pusing dan beberapa diantaranya, para blogger, menyerah dan berhenti ditengah jalan.

Sejujurnya, saya pun demikian. Pernah mengalami hal yang  namanya “lesu darah” (kaya judul lagu dangdut aja gkgkgk). Hingga pernah memutuskan untuk berhenti nge-blog. Namun, hoby dan kecintaan menulis membuat saya kembali dan kembali lagi nge-blog. Termasuk sekarang.

Kembali kemasalah SEO. Dari pengalaman dan proses waktu yang memakan waktu bertahun-tahun penelitian, hasilnya saya bisa memerikan tips ini. Dan terbukti berhasil!!! Checkodot bro; langsung baca saja. Sebelumnya, ambil kopi dan regangkan otot-otot mu terlebih dahulu, karena tulisan ini akan panjang.

1. SEO tidak ada rumus baku

Ini yang sempat saya tulis diawal. Memang SEO tidak ada rumus baku, mbah Google seolah semaunya saja menampatkan konten pada posisi terbaik. Terkadang, artikel atau konten yang kita tulis sembarangan malah berada pada serf bagus dan artikel yang kita buat dengan segenap tenaga dan jerih payah yang mengandung berbagai unsur/rumus SEO malah entah berada pada posisi sekian ribunya.

Begitu lah pendapat awal saya brother. Hingga sekarang, masih. Namun, kemudian saya mendapat sebuah kesimpulan dan catat ini rumus baku.

Dalam setiap petunjuk, google selalu menyarakan untuk membuat konten yang unik. Sekali lagi unik dan original untuk dapat di indeks google dan berada pada posisi bagus. Nah... mungkin konten yang kita buat sembarangan tanpa berpikir tentang SEO malah dianggap google unik.

Saran saya, ini yang paling penting dari sekian banyak rumus SEO. Tidak perlu terlalu banyak berpikir untuk menyempurnakan kode html dan lain-lainnya. Apalagi memodifikasi template sedemikian rupa dan mendapat nilai 100% di aplikasi check SEO seperti CHKME.COM atau lainya.
Cukup dengan membuat konten berkualitas, lepaskan di jagat raya dunia maya. Dan biarkan google memutuskan untuk menempatkannya pada posisi berapa di search enggine. Sesuatu yang baru jelas akan menjadi produk yang disukai pembaca/visitor dan google.

Google telah berupaya semaksimal mungkin menciptakan robot crawl untuk dapat bertindak sebagaimana manusia berpikir. Sesuatu yang menurut manusia menarik maka menarik pula menurut robot google. Robot itu mendata dan mendatangi jutaan web/blog di dunia maya, memperifikasi dan menganalisis konten dan memisahkan yang berkualitas dan abal-abal untuk ditempatkan sesuai dengan nilai masing-masing.

Yah.. robot crawl diciptakan untuk menyerupai cara manusia berpikir. Jadi jangan aneh-aneh, manusia ingin sesuatu yang baru dan bermanfaat. Demikian juga robot crawl berupaya menilai konten/artikel mana yang dianggap paling bermanfaat dan unik untuk ditempatkan di posisi terbaik mesin pencari.

Hal ini pula   yang membuat google dipercaya sebagai salah satu mesin pencari terbaik di dunia.

2. Modifikasi template dan html

Ada banyak salah kaprah dalam hal ini. Awalnya saya sedemikian sibuk mengurus tampilan template dan berbagai code html yang memusingkan agar sempurna telihat dan terbaik dalam unsur SEO

Saya bolak-balik mengunjungi website yang menyediakan tool-tool untuk melakukan pengechekan SEO. Memperbaiki dan terus memperbaikinya, hingga akhirnya mendapat skor 100% dari chkme.com dan lain-lainnya.

Hasilnya, saya lupa tentang memproduksi konten/artikel berkualitas. Saya terlalu sibuk dengan berbagai hal modifiasi dan bongkar pasang widget template. Gkgkgkggkgkg....

Bahkan, terkadang sempat mengganti template blog hingga 2 atau 3 kali dalam seminggu. Terus mencari tempate terbaik yang jutaan jumlahnya berserakan secara premium maupun gratis di internet. Dan setiap hari menemukan template yang baik, dana kemudian bertemu lagi dengan yang terbaik. Dan setiap hari jutaan pula para pengrajin template memproduksi tempate terbaiknya.

Begitulah terus, hingga blog saya mungkin telah ratusan kali ganti template dan saya terus memodifikasinya. Terus berulang-ulang.

Yah.. saya lupa, point penting dari SEO tetap kembali pada tulisan nomor 1 di atas. Konten adalah raja dan menjadi faktor utama penentuan posisi di mesin pencari. Dan bukankah SEO fungsinya untuk itu.

Jadi SEO sebenarnya adalah tentang bagaimana membuat konten yang bermanfaat bagi manusia dan tentunya akan menarik pula bagi robot crawl.

Visitor terbaik adalah pengunjung yang datang dan bolak-balik kembali mengunjungi blog anda. Karena, disana di blog kita, menurut mereka banyak terdapat konten berkualitas dan bermanfaat bagi mereka.

Dan tahukah bro dan sist sekalian, robot crawl pun menilai itu. Dan menganggap blog kita memang bermanfaat dan akan memberi apresiasi lebih. Catat!! Karena robot crawl diciptakan sedemikian rupa agar menyerupai cara berpikir manusia.

Kita memang harus memutuskan dan menggunakan template yang baik. Sempurna unsur SEO  dan desain tata letak yang baik. Sehingga baik dimata google dan indah dimata manusia. Dan tentunya dilengkapi dengan fitur dan tombol fungsi untuk mempermudah manusia menjelajahi isi blog kita.

Namun, point penting tetap konten yang unik dan bermanfaat.

3. Submit blog dan artikel

Sejak awal saya selalu melakukan ini. Saya berpikir, kita harus memberi tahu seluruh orang di dunia bahwa kita telah membuat blog dan memproduksi konten dan artikel didalamnya.

Apa yang saya lakukan, tiap hari pun saya disibukkan dengan submit-submitan. Share kesana-kesini. Melakukan ping blog juga kesana-kesini.

Banyak blogger capek dan jenuh, sebenarnya hanya karena ini. Sebagian besar blogger menghabiskan energinya untuk ini. Sehingga lupa, bahwa membuat konten yang unik dan bermanfaat lah yang penting.

Soal submit, mungkin perlu. Share di media sosial juga perlu. Namun lakukanlah dengan ala kadarnya saja.

Kita tidak mungkin dapat mendatangi orang hingga jutaan jumlahnya, hanya untuk agar konten kita dibaca oleh jutaan orang, kawan.

Itulah alasannya kenapa kita menulis di blog dan melepaskannya di dunia maya. Agar di baca oleh jutaan orang. Tapi bukan dengan cara-cara yang menghabiskan energi tersebut. Yakin lah.

Saran saya, cukup dengan membuat sitemap dan mengirimkannya ke google webmaster dan beberapa webmaster terkenal lainnya, seperti Bing yang sekaligus juga Yahoo.

Biar mereka menempatkan posisi konten kita di urutan terbaik. Dengan potensi kunjungan jutaan visitor. Cukup itu.

4. Membangun backling berkualtias.

Memang untuk yang satu ini nampaknya harus. Karena popularitas blog/web kita juga dinilai dari backling. Pun demikian dikatakan oleh orang dari google bernama ‘Macut’ atau siapa namanya entah....

Namun, jangan berharap hal ini bisa dilakukan dalam sehari. Dan jangan sekali-kali berpikiran bahwa ini bisa dilakukan dalam waktu singkat.  Kenapa?? Karena jelas akan menghabiskan energi!!!

Sekali lagi, energi dan waktu kita harus digunakan semaksimal mungkin dengan membuat konten/artikel yang unik dan bermanfaat. Karena ini lah rajanya SEO.

Bangunlah backling secara natural dan jangan melakukan hal-hal yang aneh. Seperti membeli ribuan link atau ikut arisan link kaya MLM dan lain-lain. Dimana kemudian kemudian juga dianggap oleh robot crawl sesuatu yang aneh. Ingat, robot crawl dibuat menyerupai cara berpikir .........

Lakukan secara bertahap dan jangan sampai menyita waktu mu. Karena waktu kita terlalu berharga hanya untuk melakukan hal-hal yang menunjang bukan utama.

5. Apalagi ya???

Kenapa saya tulis “apa lagi ya”. Karena hal ini selalu menjebak cara berpikir para blogger termasuk saya.

Kita terlalu sibuk berpikir dan berbuat tentang bagaiman agar SEO bisa dilakukan dengan sempurna.

SEO yang sempurna itu bagus, tapi tidak ada gunanya sama sekali tanpa didukung oleh konten/artikel yang unik dan berkualitas.

Untuk itu, jangan terjerumus untuk terus berpikir “apalagi ya” yang harus dibuat agar blog kita dan konten didalamnya bisa bersaing dengan jutaan konten diluar sana.

Cukup dengan rumus pada nomor 1 yang telah saya buat diatas. Yakni, produksilah sebanyak-banyaknya konten yang unik, original, dan bermanfaat bagi manusia. Bangunlah visitor yang loyal terhadap blog kita. Biarkan mereka bolak-balik untuk terus berkunjug dan mendapatkan manfaat dari blog kita.

Dan yakinlah ini akan berkembang. Perlu dicatat!! Membangun sebuah blog dengan trafik yang tinggi membutuhkan energi,  proses, dan waktu. Maka janganlah hal itu kita sia-siakan untuk melakukan hal-hal yang sebenarnya hanya penunjang. Gunakanlah untuk hal-hal utama yakni membuat konten yang unik dan bermanfaat bagi orang banyak.

Cuma itu!! Dan lepaskanlah ke dunia maya. Sesuatu yang unik dan bermanfaat pasti akan dicari orang. Ciptakan hal-hal baru dan kemudian lepaslah, biar dia berkembang dan terus berkembang menjadi raksasa-raksasa yang bahkan menjadi sesuatu hal yang tidak pernah kita bayangkan sama sekali.  Yah... itulah hakikat SEO yang saya dapat dari proses belajar selama nge-blog.

Saya telah memutuskan untuk mengunakan template sederhana yang fast loading dengan unsur SEO yang malah tidak saya utak-atik dari sononya. Template buatan Mas Sugeng (liat di footer blog).

Saya bahkan tidak pernah menyentuh kode htmlnya untuk menyempurnakan SEO. Dan bahkan saya tidak terlalu peduli dengan keyword. Hanya penulisan deskripsi konten yang telah disediakan secara standar oleh Blogspot.

Dan dari banyaknya konten, sebagian besar menyumbang hadirnya visitor. Dan beberapa saya yakin balik lagi untuk membaca konten yang lain. Salah satu blog saya, kunjungannya saat ini stablil diatas 1.000 dan terus merangkak naik dengan bertambahnya konten yang saya produksi.

Demikian tips SEO terbaik terbaik sepanjang waktu menurut saya. Buat sesuatu karya yang bermanfaat dan berkualitas dan lepaskanlah, biar orang-orang yang menemukannya.
Sesuatu yang berkualitas akan terus dicari orang. Dan tidak perlu kita antar dari pintu-kepintu. Karena kita tidak mungkin akan punya waktu jika berharap dunia mengetahuinya.

11 komentar:

  1. So swiit banget artikelnya omm... :D

    BalasHapus
  2. pokok dari seo itu konten yang unik ya mas. makasih nih pencerahannya, salam jumpa lama banget gak ketemu di dunia maya. hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas... lagi kangen dengan blogspot. he... he... Itu hasil dari pertapaan selama bertahun-tahun mendalami SEO dari berbagai guru dari internet.. :)

      Hapus
  3. Terimakasih omm... nyindir banget ke aku tu artikelnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak qo mas. saya cuma ngomongin saya hehehe..

      Hapus
  4. terimakasih sharingnya om... content is the king... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya sich gak King-king banget. Tapi itu yang terbaik menurut saya hehehe.. terimakasih sudah berkunjung

      Hapus
  5. konten is king.....weww...kata2 yg sangat bijak dan menampar,

    BalasHapus
    Balasan
    1. He... he... terimakasih sudah mampir :)

      Hapus